7 Perbedaan Kamera DSLR dan Mirrorless Yang Mudah Di kenali

by bedehaen
0 comment
perbedaan kamera dslr dan mirrorless bedehaen project profesional portofolio 03

Mana nih yang lebih menguntungkan antara kamera DSLR dengan Mirrorless ? Apa aja sih perbedaan di antara kedua kamera tersebut ? Jika dilihat dari body kameranya mungkin kalian bisa membedakan ya, mana yang kamera dslr dan mana yang mirrorless. Namun nyatanya perbedaannya tidak hanya itu saja lho, penasaran dengan perbedaanya apa aja simak artikel ini sampai selesai ya. 

Penjelasan Kamera DSLR 

perbedaan kamera dslr dan mirrorless bedehaen project profesional portofolio 01

Kamera DSLR merupakan kamera yang diperuntukkan bagi kalian yang ingin mempelajari lebih dalam lagi tentang dunia fotografi. Kamera DSLR ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur lengkap, kamera DSLR juga dapat menciptakan sebuah foto dengan kualitas gambar yang bagus sesuai dengan apa yang kalian butuhkan. 

Penjelasan Kamera Mirrorless 

Kamera Mirrorless merupakan kamera alternatif yang digunakan untuk memperdalam lagi dalam belajar tentang fotografi, dengan body kamera yang begitu simpel tidak membuat kamera mirrorless terlihat mencolok ketika di bawa di keramaian. Dan kebanyakan orang atau fotografer menyukai kamera mirrorless.

perbedaan kamera dslr dan mirrorless bedehaen project profesional portofolio 02

7 Perbedaan Kamera DSLR dengan Mirrorless 

1. Bentuk

perbedaan kamera dslr dan mirrorless bedehaen project profesional portofolio 03

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, perbedaan kamera DSLR dengan Mirrorles yang paling mencolok dan terlihat oleh mata adalah berdasarkan bentuk body kameranya. Bentuk kamera DSLR lebih besar dibandingkan dengan body kamera Mirrorless. 

Mengapa kamera Mirrorless memiliki bentuk body kamera yang kecil dan simpel, karena hal ini yang akhirnya membuat para fotografer tertarik untuk memiliki kamera Mirrorles dibandingkan dengan kamera DSLR. dengan body kamera yang simpel itulah yang akhirnya membuat kamera Mirrorless tidak mencolok ketika kalian bawa ke manapun. 

2. Berat 

Membahas dari segi beratnya nih, mengikat bentuk kamera Mirrorless lebih kecil dibandingkan dengan kamera DSLR sudah bisa kita simpulkan bahwa kamera Mirrorless tersebut ringan dibandingkan dengan kamera DSLR.

Apalagi jika kalian membawa kamera MIrrorless saat berliburan pastinya kalian tidak akan kerepotan dan kamera Mirrorless adalah salah satu kamera yang cocok untuk di bawa ke manapun.

3. Fitur 

Perbedaan selanjutnya di sini kalian bisa melihatnya pada bagian fitur di setiap masing – masing kamera. Pada kamera DSLR memiliki fitur yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan kamera Mirrorless. Tidak hanya itu saja ternyata ternyata fitur yang ada di kamera DSLR belum tentu ada pada kamera Mirrorless.

perbedaan kamera dslr dan mirrorless bedehaen project profesional portofolio 05

perbedaan kamera dslr dan mirrorless bedehaen project profesional portofolio 06

Salah satunya disini yaitu pada sensor yang memiliki kualitas yang baik, pengaturan exposure secara manual, serta ukuran lensa yang dapat diubah sesuai kebutuhan. Karena memiliki banyak fitur manual pada kamera DSLR, dengan seperti itu maka menjadikan pengguna lebih leluasa dalam menciptakan suatu gambar dengan lebih dramatis ataupun sesuai dengan gaya foto yang dimiliki setiap fotografer. 

4. Aksesoris 

Perbedaan selanjutnya antara kamera DSLR dan Mirrorless adalah pada aksesoris kamera. Meskipun pada kamera DSLR itu memiliki body yang besar serta berat ternyata kamera DSLR ini memiliki lebih banyak aksesorisnya di bandingkan kamera Mirrorless. 

perbedaan kamera dslr dan mirrorless bedehaen project profesional portofolio 07

Karena ketersediaannya aksesorisnya lebih banyak membuat kamera DSLR ini menambah keleluasaan pengguna atau memudahkan mengganti aksesoris yang ada untuk mendapatkan hasil pemotretan yang di inginkan. 

Namun pada akhirnya ketersediaan aksesoris kamera Mirrorless menjadi semakin banyak juga, karena penggunaannya yang sudah semakin banyak dan kalian bisa mendapatkannya di toko – toko kamera tertentu. 

5. View Finder 

Perbedaan selanjutnya kita bisa mengetahuinya dari view finder yang sering disebut dengan jendela bidik. Di perbedaan kali ini kamera Mirrorless lebih banyak memakai Electronic View Finder untuk melihat objek dengan hasil apa adanya. Namun yang menjadi kelebihannya disini adalah kalian bisa mengatur kembali gambar sesuai dengan apa yang kita inginkan saat ditampilkan pada LCD.

perbedaan kamera dslr dan mirrorless bedehaen project profesional portofolio 08

perbedaan kamera dslr dan mirrorless bedehaen project profesional portofolio 09

Jika dibandingkan dengan kamera DSLR yang memakai Optical View Finder. Dengan adanya optical inilah yang membuat kamera DSLR memiliki bentuk View Finder lebih besar, karena mengikuti besarnya Optical View Finder yang dimiliki oleh kamera DSLR. namun kekurangannya disini adalah kita tidak bisa melihat hasil photo yang kita rekam sebelum tampil di layar LCD yang ada pada kamera. Kekurangan ini lah yang gak bisa kalian temui pada kamera Mirrorless. 

6. Ketersediaan Lensa kamera 

perbedaan kamera dslr dan mirrorless bedehaen project profesional portofolio 10

Pada perbedaan kali ini kita akan membedakan berdasar lensa kameranya, nah pada lensa kamera Mirrorless lebih memiliki banyak jenisnya yang bisa kita gunakan. Namun banyak lensa tapi itu semua tidak bisa disamakan dengan lensa – lensa lain yang digunakan oleh kamera DSLR. 

Kalau pada kamera DSLR mempunyai banyak jenis lensa kamera yang bisa kita gunakan seperti Fish Eye, Lensa Fix, sampai dengan Tele ratusan milimeter. Selain jenis lensa yang sudah disediakan oleh produsen, kini banyak lho pihak ketiga yang memproduksi lensa yang digunakan pada kamera DSLR. Dengan masing – masing lensa pastinya memiliki keunggulan tersendiri sehingga fungsi lensa kamera tersebut harus kita ketahui terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membelinya. 

7. Sensor 

Saat awal kamera mirrorless hadir, kamera yang satu ini memiliki sensor yang masih kalah dengan sensor yang dimiliki oleh kamera DSLR. Namun kini sejumlah produsen kamera digital mulai menyamakan fitur yang dimiliki kamera Mirrorless dengan kamera DSLR. 

perbedaan kamera dslr dan mirrorless bedehaen project profesional portofolio 11

Karena kini kamera Mirrorless sudah dibekali dengan sensor yang beragam pada setiap tipenya dalam proses pengambilan foto. Salah satunya disini adalah kamera Mirrorless hanya menggunakan satu sensor saja yang mana sensor  utama yang dapat mengukur cahaya dan melakukan penguncian fokus.

Berbeda dengan kamera DSLR yang sebagian besar tidak terlalu menggunakan sensor utama namu menggunakan sensor APS – C dan Full Frame pada saat pengambilan foto. Dan sensor utamanya tersebut terpisah sehingga dapat dibilang bahwa body kamera DSLR ini tidak bisa dibuat lebih ringkas lagi. 

Itulah 7 Perbedaan kamera DSLR dan Mirrorless yang wajib kalian ketahui sebelum memutuskan untuk membeli dan menggunakan yang mana. 

You may also like