7 Tips Rahasia Sukses Jadi Fotografer Profesional Untuk Pemula

by bedehaen
0 comment
7 tips rahasia sukses jadi fotografer profesional untuk pemula bedehaen project profesional portofolio 01

7 tips rahasia sukses jadi fotografer profesional untuk pemula bedehaen project profesional portofolio 01

Konsep fotografi bagi orang awam mudah untuk dipahami karena kalau foto itu indah pastinya objek yang dibuat pun juga indah, atau setidaknya dapat menarik perhatian. Namun jika objek sederhana dan begitu membosankan pun bisa lho dijadikan sebagai objek foto yang bagus namun jika teknik pemotretannya itu tepat. 

Nah berikut ini ada beberapa tips jitu dari para ahli fotografi yang bisa kalian coba nih apalagi bagi para pemula, biar objek foto kalian tidak terlihat membosankan dan bisa menarik pandangan orang. 

1. Gunakan perspektif lain atau yang berbeda

7 tips rahasia sukses jadi fotografer profesional untuk pemula bedehaen project profesional portofolio 02

Tips fotografi yang pertama maksudnya menggunakan perspektif lain ataupun berbeda disini adalah kebanyakan orang sering menggunakan gaya atau angel foto yang sama dengan fotografer lainnya, buat kalian nih sebagai fotografer pemula kalian coba deh gunakan teknik perspektif yang lain dan berbeda dari fotografer lainnya agar hasil foto yang kalian ciptakan memiliki gaya foto yang berbeda dari yang lain.

Kalian Juga Bisa Baca : Cara Mudah Memahami Segitiga Exposure Dalam Fotografi

2. Menggunakan teknik bokeh sebagai latar belakang

7 tips rahasia sukses jadi fotografer profesional untuk pemula bedehaen project profesional portofolio 03

Tips fotografi kedua yaitu menggunakan teknik bokeh ini adalah salah satu teknik foto yang bisa kalian gunakan untuk membuat foto kalian menjadi lebih menarik. Tips fotografi yang satu ini sering digunakan lho sama fotografer pemula.

3. Menonjolkan detail suatu objek secara dekat

7 tips rahasia sukses jadi fotografer profesional untuk pemula bedehaen project profesional portofolio 04

Tips fotografi berikutnya yang kita bagikan yaitu memfoto suatu objek dengan jarak yang dekat. Tips ini bisa membantu kalian dalam memfoto suatu objek dengan detail – detail unik yang dimiliki oleh objek tersebut. Dengan teknik inilah kalian bisa menonjolkan detail keunikan itu dari objek yang kalian foto.

4. Memanfaatkan sumber cahaya matahari sebagai pencahayaan terbaik

7 tips rahasia sukses jadi fotografer profesional untuk pemula bedehaen project profesional portofolio 05

Tips fotografi yang keempat ini memang benar memanfaatkan sumber cahaya matahari adalah sumber pencahayaan terbaik. Menurut Nicolas Ghirlando bahwa memotret sebuah objek di dekat jendela yang cukup mendapat sinar matahari. Ia juga berkata bahwa “ Sinar matahari yang begitu kuat dapat menghasilkan bayangan yang cukup tajam, lalu ditambah dengan lampu interior yang menghasilkan sorotan warna lampu yang cukup menyeramkan “.

Kalian Juga Bisa Baca : Kamu Seorang Fotografi ? Inilah Dasar Fotografi Yang Wajib Kamu Ketahui & Pahami

5. Memperhatikan Komposisi

7 tips rahasia sukses jadi fotografer profesional untuk pemula bedehaen project profesional portofolio 06

Tips fotografi yang kelima yaitu kalian perlu nih memperhatikan komposisi sebelum memotret objek. Tips fotografi ini menggunakan rule of thirds, dimana frame dipotong menjadi tiga bagian yaitu bagian horizontal dan bagian vertikal. Garis – garis yang saling berpotongan inilah disebut golden point yang memfokuskan mata saat memandang.

6. Atur ISO sebelum pengambilan gambar

Tips fotografi yang satu ini sangat penting untuk diperhatikan karena memang mengatur dan memeriksa kembali ISO sebelum melakukan pemotretan itu penting. Atau kalian bisa membiasakan untuk memeriksa terlebih dahulu ISO setiap kalian ingin menyimpan kamera.

7. Memegang kamera secara stabil

7 tips rahasia sukses jadi fotografer profesional untuk pemula bedehaen project profesional portofolio 07

Kebanyakan nih bagi para fotografer pemula belum bisa yang namanya memegang kamera dengan stabil, itu sebabnya kamera menjadi goyang dan hasil yang kita tangkap pun menjadi tidak jelas atau buram.

Cara mudahnya disini kalian bisa menggunakan tripod untuk membantu kalian saat pengambilan foto atau kalian bisa bisa berlatih memegang kamera dengan menggunakan kedua tangan. Untuk menambah kestabilan yang ekstra kalian bisa nih untuk berjongkok atau bersandar di dinding, namun jika tidak dinding tembok kalian bisa mengambil posisi yang menurut kalian bisa menstabilkan badan.

Tidak hanya 7 ini saja yang wajib kalian ketahui, di dalam fotografi kalian juga harus melihat dan mengetahui grafik pada saat ingin mengambil gambar. Jika grafik terlalu kekanan maka gambar yang kalian ciptakan mungkin terlalu terang dan memungkinkan kalian untuk kehilangan detail di area foto yang terang tersebut.

Namun jika grafik tersebut terlalu miring ke arah kiri maka cahaya yang kalian dapatkan akan sedikit kurang dan gambar yang kalian hasilkan nantinya akan terlalu gelap.

You may also like