Apa itu Street Photography ? Definisi Street Photography Secara Luas

by bedehaen
0 comment
definisi street photography bedehaen project profesional portofolio 05

definisi street photography bedehaen project profesional portofolio 01

Banyak sekali definisi tentang street photography, dan untuk hal ini masih menjadi perdebatan juga di lingkungan photography. Street photography adalah jenis photography yang cukup diminati oleh banyak kalangan pecinta seni foto. Meskipun masih tetap banyak peminatnya yang menyukai seni foto dengan gaya potrait maupun landscape dan bahkan terdapat objek manusianya sekalipun.

Street photography disini merupakan gaya yang paling tua karena ini dimulai dari negara Malaysia oleh Lambert. Ada juga nih beberapa fotografer di era Indonesia belanda. Istilah ini lebih tepatnya bisa kita bilang seperti fotografer jurnalistik.

Keuntungan menggunakan jenis foto seperti street photography seperti ini bisa kalian manfaatkan untuk mengabadikan moment keramaian di berbagai jalan di kota kalian dan tidak perlu untuk jauh – jauh pergi. Dan pastinya juga hemat nih ongkos berpergiannya. 

Jenis photography yang satu ini memanfaatkan salah satu teknik yang bisa kita bilang sebagai foto candid, dimana kita memotret suatu objek tanpa objek itu ketahui dari sinilah kita bisa menunjukkan sisi realitanya.  Namun, semua itu membutuhkan kejelian yang cukup tinggi karena kita harus mencari suatu momen yang pas dengan posisi si objek tersebut. 

Tidak hanya itu saja ternyata selain menggunakan teknik candid, street photography juga menggunakan teknik straight photography bertujuan untuk menciptakan suatu foto yang mencerminkan perilaku kehidupan manusia.  Namun, masih banyak nih para fotografer street photography yang memiliki keberanian yang cukup tinggi untuk mendekati objek yang akan di potret. Karena fotografer lebih berkonsentrasi pada suasana hati yang dialami oleh objek ( Manusia ) tersebut.

Seorang fotografer street photography tidak semuanya menciptakan hasil jepretan mereka terlihat surealisme, bahkan sudah banyak fotografer yang bereksperimen nih dengan street photography namun masih belum tercerminkan jurnalistik dan belum bisa dipasang di majalah atau surat kabar. 

Menurut seorang fotografer kelahiran Jerman yang bernama Fred Herzog ia berkata bahwa “ To show the realism of the street ( menunjukkan realitas di jalanan ) “ . fotografer ini berpendapat bahwa aliran seni street photography ini adalah salah satu media yang bisa kita gunakan untuk menciptakan suasana secara real yang ada di jalanan.

definisi street photography bedehaen project profesional portofolio 02

Pertanyaan ini dijelaskan dalam beberapa hal berikut ini : 

Lokasi 

Untuk pengambilan gambar dengan street photography disini tidak ada batasnya lho, nggak hanya memotret jalan nya saja namun kalian bisa nih memotret ditempat umum yang ramai lainnya contohnya nih kalian bisa mengambil gambar di area pasar, tempat transportasi umum dan bahkan bisa nih ditempat umum lainnya.

definisi street photography bedehaen project profesional portofolio 03

Moment 

Pada saat melakukan street photography pengambilan moment disini seorang fotografer tidak menggunakan rekayasa dan pastinya secara spontanitas, baik itu diambil dengan cara kebetulan ( decisive moment ) ataupun suatu momen yang diharapkan terjadi.

definisi street photography bedehaen project profesional portofolio 04

Ditambah lagi seorang fotografer juga harus lebih teliti lagi dalam hal pengamatan situasi yang bisa saja terjadi atau tidak terduga. Dan kecekatan dalam pemotretan juga diperlukan agar momen – momen penting tidak terlewatkan, serta hal ini juga sangat menentukan hasil foto yang lebih baik. 

Konsep atau Tema

Melihat dari segi konsep, street photography dibandingkan dengan landscape photography ataupun portrait pastinya sangat berbeda. Konsep landscape photography ataupun portrait pada umumnya berfokus untuk menampilkan keindahan alam ataupun suatu objek.

definisi street photography bedehaen project profesional portofolio 05

Pada street photography berfokus menonjolkan tingkah laku, kebudayaan atau lingkungan yang sering terjadi di ruang publik secara natural tanpa adanya arahan atau pose pada objek. 

Sifat 

Street photography disini memiliki sifat yang dapat menciptakan realitas dan memberikan sentuhan pose secara khusu. Street photography sering melengkapi dengan jenis photography lainnya seperti human interest, liputan ataupun seperti portrait.

definisi street photography bedehaen project profesional portofolio 06

Selain ke Empat hal tersebut ternyata masih banyak kriteria lainnya yang membuat foto street, berikut ini ada 3 aspek yang wajib Anda ketahui serta harus ada dalam sebuah foto tersebut. 

1.”Decisive Moment”

Merupakan sebuah istilah dari seorang “master” Henri-Cartier Bresson. Decisive Moment atau yang dapat diterjemahkan sebagai momen kulminasi, adalah suatu momen yang semua elemennya ada di titik klimaks sinergi dalam membentuk sebuah narasi dari foto tersebut. 

Maksud nya bagaimana sih ?

Jadi begini, bagi seorang street photographer pastinya tidak dapat mengatur yang namanya posisi, obyek , serta latar belakang untuk dapat menghasilkan sebuah komposisi yang cukup menarik. Justru nih yang dapat dilakukan disini adalah menunggu hingga semua elemen dapat sesuai dengan ide yang ada di isi kepala si fotografer tentang objek yang bersatu dan menghasilkan sesuatu yang cukup menarik. 

Nah, saat ini seorang street fotografi hanya memiliki ruang waktu yang cukup sedikit, atau sepersekian detik saja dalam menentukan beberapa hal dibawah ini : 

  1. Ide apa yang ada di depan matanya
  2. Objeknya seperti apa
  3. Posisi latar belakang yang cocok dan cukup menunjang
  4. Komposisi warna yang sesuai atau tidak
  5. Pencahayaan yang mendukung dan tidak 
  6. Dan masih banyak hal lainnya

Semua hal tersebut perlu dipertimbangkan dan dilakukan dalam waktu yang betul – betul sangat singkat. Namun, bagaimana jika tidak bisa dilakukan dalam waktu yang sangat singkat ? 

Jawabannya disini cukup singkat yakni Anda dapat terlewatkan suatu momen tertentu dan kemungkinan saja nih tidak dapat terulang lagi. Karena beda 1 detik saja, momen yang Anda dapatkan sudah berbeda moment. 

2.”Telling Story”

Aspek selanjutnya ini dapat membuat seorang penonton dapat lebih tahu banyak dari apa yang ada di dalam foto tersebut. Mungkin banyak orang awam yang belum mengetahui bahwa seorang street fotografer ini jika memotret di lokasi yang berbeda tentu saja tidak memotret gambar yang cantik. Namun lebih tepatnya seorang street fotografer ini ingin menceritakan sesuatu yang menurutnya cukup menarik untuk di abadikan melalui gambar – gambar yang dipotret di jalanan. 

3.”Involving viewer”

Banyak street photographer yang menggunakan lensa tele untuk merekam suatu  gambar. Namun sebagian besar street photographer juga menggunakan lensa normal dan wide. Dengan menggunakan lensa yang lebar dalam proses pemotretan dapat membuat foto yang kita tangkap terlihat lebih dekat dengan objek kita. Sehingga menciptakan suasana begitu intim. Sehingga terciptanya sebuah interaksi dan membuat audiens menjadi bagian adegan yang ada di foto tersebut. 

Nah, demikianlah penjelasan mengenai definisi street fotografi yang dapat Anda pelajari untuk menambah wawasan sehingga menjadi luas dalam mengenal dunia fotografi terkhususnya street fotografi.  Semoga dengan adanya informasi ini dapat meningkatkan semangat Anda dalam menciptakan karya foto lebih baik lagi kedepannya.

You may also like