Fotografer Wajib Tahu !!! 5 Mode Dial Kamera Yang Bisa Menciptakan Foto Menakjubkan

by bedehaen
0 comment
mengenal dial mode pada kamera bedehaen project profesional portofolio 02

Pada kamera DSLR terdapat salah satu tombol putar yang berada di bagian atas kamera.  Tombol ini tidak hanya berada pada kamera DSLR melainkan juga terletak pada kamera Mirrorles, atau Pocket, dan bentuknya pun sama semua memiliki tombol seperti  roda ini. Tombol putar ini digunakan untuk mengatur mode kamera pada saat pengambilan exposure pada kamera.

mengenal dial mode pada kamera bedehaen project profesional portofolio 01

Secara umumnya, ini bisa kita sebut dengan nama Mode Dial Kamera DSLR. dan mode kamera ini di bagi menjadi 7 mode kamera :

  • Auto ( Otomatis ) 
  • Program ( P )
  • Aperture Priority ( Av / A )
  • Shutter Priority (  Tv / S )
  • Manual ( M )
  • Bulb ( B )
  • Scene

Namun pada artikel kali ini, kita hanya membahas 5 mode kamera saja. Kelima mode kamera ini biasanya yang sering dipakai, baik itu digunakan oleh seorang fotografer pemula atau profesional sekalipun. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing mode kamera diatas : 

Yuk , Simak Sampai Habis ya…!

mengenal dial mode pada kamera bedehaen project profesional portofolio 02

Mode Auto 

Pada mode Auto ini kamera dibuat secara otomatis saat setting kamera itu sendiri. Dari mulai setting aperture, ISO dan shutter speed. Semua bisa kita atur secara otomatis jadinya kita tidak perlu lagi mensetting kamera kita sendiri. Untuk hasilnya sendiri nih, foto yang dihasilkan tidak begitu terang dan juga tidak terlalu gelap juga. Mode kamera yang satu ini sangat cocok nih jika digunakan untuk kita yang suka dikejar oleh moment. Karena kita hanya membuka kamera, kemudian kita bidik objek tujuan yang ingin kita potret. Kekurangan dari mode kamera yang satu ini adalah hanya mampu menciptakan sebuah foto dengan exposure yang baik. 

Mode Manual 

Mode Manual ini merupakan kebalikan dari Mode Auto,  karena saat akan memotret suatu objek kita diharuskan untuk mengatur sendiri baik itu setting aperture, ISO, shutter speed dan lain – lainnya. Kamera hanya membantu dalam pengukuran intensitas cahaya yang masuk saja, selebihnya tergantung bagaimana kreatifitas kita saja. 

Mode Manual ini sering kali digunakan seorang fotografer profesional untuk membuat suatu hasil foto yang fantastik dan kreatif. Dan biasanya mode kamera ini digunakan untuk memotret suatu objek yang memiliki dynamic range yang cukup tinggi. Contohnya ketika kita memotret dengan suasana sunset.

Mode Shutter Speed Priority  

Mode Shutter Speed Priority memudahkan anda dalam memberikan keleluasaan dalam pengaturan Shutter Speed, dan sisanya ini kalian bisa mengaturnya secara otomatis sesuai dengan kondisi cahaya kala itu. Mode ini sering kali digunakan dalam pengambilan gambar yang bergerak jadinya butuh nih kecepatan tertentu dalam pemotretan gambar agar hasilnya tidak blur. 

Berikut ini adalah beberapa contoh kasus serta Shutter Speed yang baik :  

  • Foto objek diam : kecepatan 1/60s
  • Foto bergerak lambat : kecepatan 1/250s
  • Foto bergerak cepat (mobil, motor, dan lain-lain) : kecepatan 1/1000s
  • Foto bergerak sangat cepat : kecepatan 1/8000s

Mode Aperture Priority 

Sama seperti namanya, kalian bisa mengatur Aperture secara lebih leluasa lagi. Sementara Untuk settingan lainnya secara otomatis akan diatur oleh kamera sendiri. Dengan menggunakan mode ini kalian akan dipermudahkan dalam mengontrol ketajaman foto secara penuh.  

Untuk menciptakan suatu hasil foto dengan background blur atau bokeh yang maksimal, disini kalian bisa mensetting bagian aperture ke angka yang paling kecil. Jika ingin menghasilkan foto landscape menjadi tajam, kalian bisa nih mensetting di bagian aperture dengan menggunakan angka tertentu. Menurut ahli fotografi yaitu Bryan Peterson, pada Mode Aperture Priority adalah mode kamera yang terbaik untuk segala situasi. 

Mode Program 

Mode Program ini sama halnya dengan Mode Auto. Hanya saja yang menjadi pembeda disini yaitu kita sedikit mensetting secara manual pada bagian aperture, ISO dan shutter speed. Jadinya kalian bisa nih mensetting sesuai dengan kebutuhan pemotretan kalian. 

Dengan dibantu oleh program shift, kalian dapat lebih mudah mensetting kamera sesuai dengan apa yang kita butuhkan. Untuk waktu yang tepat jika ingin menggunakan Mode Program ini yaitu saat kalian ingin menangkap suatu objek yang sederhana saja. Jika objek yang kalian ambil itu cukup rumit untuk di potret kalian bisa nih menggunakan mode fotografi yang lainnya.  

Nah itu tadi adalah beberapa penjelasan mengenai mode dial yang ada di berbagai kamera digital. Hanya saja yang menjadi beda dari setiap merek kamera yaitu pada penyebutannya atau simbolnya saja. 

Contohnya nih yang dapat kalian temu pada kamera Nikon, Sony yang mana merek kamera ini menggunakan kode S atau A untuk sebutan dari Shutter Priority dan Aperture Priority. Untuk merek lainnya disini yaitu kamera Canon dan Pentax yang menggunakan simbol Tv dan Av sebagai penyebutan Shutter Priority dan Aperture Priority.

You may also like