10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Yang Cocok Untuk Pemula Di Tahun 2022

by bedehaen
0 comment
rekomendasi kamera mirrorless tahun 2022 bedehaen project profesional portofolio 01

rekomendasi kamera mirrorless tahun 2022 bedehaen project profesional portofolio 01

Kamera yang satu ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan terdahulu, DSLR. dengan hasil sebuah karya fotografi yang lebih atraktif dengan kamera mirrorless terbaik berikut ini !

Menggunakan kamera mirrorless merupakan pilihan yang tepat bagi pecinta fotografi. apalagi bagi fotografer yang suka bepergian dengan membawa kamera yang tidak begitu berat. Tipe kamera yang satu ini tidak kalah bagusnya dengan kamera DSLR.  

Dengan fleksibilitasnya nih membuat kamera mirrorless ini memiliki daya tarik utama untuk para fotografer. Jika kita bandingkan dengan pendahulunya kamera mirrorless lebih kompatibel karena banyak lensa dan aksesoris kamera. Dengan teknologi saat ini, kamera mirrorless dihadirkan dengan body kamera yang lebih bervariatif serta sensor yang beragam. 

Pada artikel kali ini membahas tentang rekomendasi kamera mirrorless terbaik yang bisa kalian jadikan patokan pada saat ingin membeli kamera, apalagi bagi para pemula yang terjun dalam dunia fotografi.  

Penasaran ? Yuk, Simak Artikel Berikut Ini Sampai Selesai Ya…. !

1. Canon EOS M50

rekomendasi kamera mirrorless tahun 2022 bedehaen project profesional portofolio 02

Kamera mirrorless yang satu ini sudah sangat dikenal oleh berbagai kalangan fotografi, merk Canon ini telah meluncurkan beberapa barang elektronik yang selalu mendapatkan review terbaik dari para penggunanya. Kamera dengan tipe ini telah masuk kedalam daftar kamera mirrorless terbaik, kamera Canon EOS M50 didesain dengan bentuk kompek sehingga mudah saat digunakan, hal ini begitu sangat sesuai bagi Anda yang masih berada pada level pemula di dunia fotografi. 

Kamera Canon EOS M50 dilengkapi dengan prosesor Digic 8 dan CMOS APS-C 24,1 MP, serta kamera mirrorless ini mampu merekam sebuah video yang hasilnya begitu detail dan warna yang hidup dengan resolusi 4K.

Kamera mirrorless tipe ini disempurnakan lagi dengan adanya fitur Eye Detection AF, kamera mirrorless terbaik ini dapat mendeteksi suatu objek dengan jarak jauh. Kemudian didukung lagi dengan teknologi movie digital zoom yang bisa di zoom hingga 10 kali jauh lebih dekat sehingga ini bisa menghasilkan gambar secara close-up yang telah dikombinasikan dengan zoom optiknya. Dengan adanya fitur tambahan yaitu Touch and Drag AF sehingga Anda bisa lebih mudah untuk digunakan, karena anda bisa mengetuk layar atau menyeret layar saat melakukan pemotretan melalui EVF. tidak hanya itu saja, selain dapat mengambil video biasa, Anda juga dapat membuat sebuah video slow motion atau time lapse dengan resolusi HD masing masing hingga 120p DAN 4K.

2. Fujifilm X-T100

rekomendasi kamera mirrorless tahun 2022 bedehaen project profesional portofolio 03

Kamera Mirrorless tipe yang satu ini memiliki desain retro, dengan bobot kamera sekitar 448 gram serta kesan kamera yang portable membuatnya mudah dibawa kemana saja dalam memenuhi kegiatan sehari-hari. Kamera mirrorless terbaik Fujifilm X-T100. Kamera mirrorless sudah dilengkapi dengan elemen esensial sehingga mampu menghasilkan suatu aspek spasial pada foto Anda mulai dari sentuhan skin yang natural, resolusi edge-to-edge yang sempurna hingga warna indah, low-noise ketika cahaya objek sangat minim. Anda juga bisa menghasilkan suatu gambar yang bokeh dengan menggunakan sensor APS-C 14 yang ada pada kamera ini lebih besar daripada smartphone.

Dilengkapi juga dengan Wireless connectivity melalui bluetooth, yang telah memudahkan Anda dalam berbagi file dari kamera ke smartphone maupun tablet. Layar LCD yang dapat diputar secara horizontal akan sangat mudah dalam mengambil gambar swafoto baik secara potrait maupun vertikal sesuai dengan foto yang diambil dari bawah atau atas. Memiliki Auto SR, dapat mengenali subjek dan dapat mengoptimalkan fokus serta pengaturan kamera. Dengan jarak 5 cm, pada gambar yang dipotret akan tetap fokus karena ini dibantu dengan menggunakan lensa XC 15-45mm F3.5-5.6 OIS PZ yang telah tertanam. Kamera Fujifilm X-T100 dibuat dengan lapisan anodized yang membuat kamera mirrorless menjadi kamera terbaik serta dengan begitu akan memberikan kesan klasik sehingga Anda memberi kepuasan dari segi kualitas dan gaya ketika digunakan.

3. Sony E-mount α6000 dengan Sensor APS-C

rekomendasi kamera mirrorless tahun 2022 bedehaen project profesional portofolio 04

Kamera mirrorless terbaik berikutnya yaitu kamera yang memiliki kualitas bagus adalah Sony E-mount α6000. Hanya dengan memerlukan waktu 0.06 detik saja dalam mengambil gambar dengan hasil yang sangat akurat serta dibantu oleh 179 titik deteksi, fungsi dari deteksi kontras akan membuat kamera cepat terfokuskan pada subjek. Dengan adanya fitur ini membuat Kamera semakin unggul dengan autofokus baru yaitu 4D yang lebih fokus memungkinkan performa fokusnya super dalam empat dimensi yaitu, panjang dan tinggi 2D, kedalaman 3D dan waktunya 4D.

Adanya fokus otomatis dari α6000 membuatnya lebih cepat jika dibandingkan dengan kamera DSLR, sehingga tidak ada satu pun pemotretan gambar yang terlewatkan. Untuk kamera mirrorless ini tersedia dalam 3 pilihan warna yaitu putih, perak, dan hitam sehingga Anda bisa untuk mengekspresikan diri. Pada prosesor BIONZ X disini mampu menangkap gambar dengan tekstur secara detail, prosesor ini pun dapat mengurangi kabur, dan juga bisa untuk mengurangi noise visual sehingga hasil gambar akan semakin tajam. Tidak hanya itu saja kamera inipun telah dilengkapi dengan konektivitas Wifi dan NFC sehingga membantu Anda dalam berbagi hasil jepretan Anda dalam 1 langkah penyetelan saja antara kamera dengan smartphone ataupun tablet  kompatibel dengan NFC.

Kalian Juga Bisa Baca : 5 Tips Membeli Kamera Pemula Wajib Mencoba 

4. Panasonic Lumix DMC-G7K

rekomendasi kamera mirrorless tahun 2022 bedehaen project profesional portofolio 05

Impian setiap orang pastinya menginginkan momen berharga dengan begitu baik menggunakan bantuan kamera mirrorless terbaik yaitu Panasonic Lumix DMC-G7K. Kamera mirrorless ini pun memiliki teknologi 4K yang membuat setiap gambar yang diambil dan video yang direkam memiliki resolusi yang cukup optimal hingga QFHD: 3840×2160 pixel, 25 fps, 100 mbit/detik dan 8 MP untuk foto. High speed auto focusing dengan teknologi DFD membuat Anda dapat dengan mudah mengabadikan setiap momen yang bergerak cepat. Dengan kecepatan AF hingga 0,07 detik dan AFC 6 bidang per detik membuat titik fokus tetap stabil saat pengambilan video.

Walaupun ini diambil dengan fitur aperture kecil atau pencahayaan yang minim hingga ISO 25.600 serta sensor MOS dengan Digital Live 16MP akan membuat tetap gambar yang ditangkap memiliki kualitas yang tinggi dan dapat memproses sinyal dengan begitu cepat. Anda dapat membagikan setiap momen melalui konektivitas Wifi menggunakan aplikasi Image App Panasonic yang diinstal di Hp sehingga Anda dapat menyesuaikan settingan fokus, melihat gambar, atau bahkan membagikan gambar ke media sosial. Ditambah lagi adanya fitur Geotag membantu Anda untuk mengingat kembali lokasi pengambilan gambar dengan catatan gos yang terekam pada ponsel genggam yang Anda punya.

5. Samsung NX Mini

rekomendasi kamera mirrorless tahun 2022 bedehaen project profesional portofolio 06

Kamera mirrorless yang satu ini sudah dikenal oleh banyak fotografer yang memiliki kualitas yang tidak main – main. Brand Samsung kali ini akhirnya juga mengeluarkan produk mereka yaitu kamera mirrorless Samsung NX Mini. Tipe kamera mirrorless kali ini dibuat dengan desain body paling tipis di dunia yakni berat kamera sekitar 160 gram dan tebal kamera sekitar  23mm saja. Kamera mirrorles ini pun memiliki tiga lensa pilihan yang dengan mudah untuk diganti yaitu dua jenis lensa kamera prime dan satu lensa kamera zoom dengan adanya ketiga lensa ini nantinya Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan. Menggunakan sensor kamera sekitar  20 MP berukuran 1 inci.

Pada Elektronik shutter di kamera mirrorless ini mampu mencapai 1/16.000 detik untuk ukurannya yang mini ini. Keunggulan kamera ini yaitu telah diciptakan dengan layar sentuh berukuran 3 inci serta dapat ditekuk menjadi salah satu kelebihan karena dapat dipindahkan ke arah depan jadinya Anda dapat melakukan sesi foto selfie dengan bantuan tripod atau aksesoris kamera lainnya. Contohnya nih ada burst rate 6 FPS dengan konektivitas Wifi dan NFC.

6. Nikon Coolpix P950

rekomendasi kamera mirrorless tahun 2022 bedehaen project profesional portofolio 07

Pengabadian setiap momen dalam pemotretan suatu objek yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang perlu bagi seorang fotografer untuk menggunakan kamera mirrorless terbaik yakni Nikon Coolpix P950. Ada 166 kali dynamic Fine Zoom dan 83 kali optical zoom yang memungkinkan Anda dalam menangkap setiap subjek dengan jarak jauh yang tidak dapat dilakukan oleh kamera portabel biasanya dan ini secara efektif dapat menjangkau 4000 mm. Kalau untuk sebuah subjek dengan ukuran yang kecil, maka AF makro yang dapat digunakan sebagai settingan fokus hingga sedekat 1 cm/0,4 inci. Pada kamera mirrorless ini terdapat Dual Detect Optical VR yang memberikan efek kompensasi pada tingkat kecepatan 5,5 stop lebih cepat jadinya saat pengambilan gambar dan video jauh lebih tajam.

Saat melakukan proses pemotretan di dalam ruangan atau tempat yang pencahayaannya rendah, kamera mirrorless ini memiliki sensor CMOS back-illuminated dengan adanya sensitivitas yang tinggi membuat ISO ini menjadi 6400 sehingga membuat kualitas suatu gambar menjadi tetap terjaga. 

Dengan kemampuan 4K UHD (2160/30p) inilah yang akhirnya membuat Anda menjadi percaya diri untuk mengupload foto – foto di media sosial yang akhirnya membuat kualitas gambar ini tetap terjaga.  Ada juga fitur yang digunakan untuk menangkap burung , bunga, kupu – kupu yang sedang hinggap ataupun terbang dan lainnya. Fitur ini disebut sebagai snap-back zoom, side zoom dan side dial. Dilengkapi juga dengan layar LCD TFT yang ukurannya 3,2 inci yang telah terlapisi oleh anti pantulan yang memastikan visibilitas cukup jelas meskipun di bawah sinar matahari. 

7. Leica M10 Digital Rangefinder Camera

rekomendasi kamera mirrorless tahun 2022 bedehaen project profesional portofolio 08

Kamera mirrorless ini di jual dengan harga yang cukup fantastik, mengapa demikian ? kamera kamera ini memiliki kualitas yang di atas rata – rata.  Bahan baku dalam pembuatan kamera ini menggunakan bahan Kevlar yang membuat kamera ini tampak lebih elegan.  

Kemudian terdapat sensor CMOS full-frame 24MP yang akan membuat hasil dari setiap bidikan ini memiliki citra resolusi nya menjadi tinggi dan rentang dinamis diperluas. ISO yang dimiliki oleh kamera ini yakni sampai 50000 sehingga membuat sensitivitasnya menjadi tinggi serta pemotretannya menjadi beruntun 5fps. 

Kamera Mirrorless ini juga memiliki body yang ramping dan yang paling menguntungkan lagi jika mempunyai kamera ini yakni layar LCD belakangnya ini telah dilengkapi dengan penutup Gorilla Glass yang gunanya untuk melindungi dari goresan ataupun benturan ringan sehingga ini mudah sekali di bawa dalam situasi apapun. 

Dilengkapi dengan fitur Wifi yang telah terintegrasi untuk berbagai nirkabel serta dapat mengontrol jarak jauh antara kamera dan smartphone Anda. Pada Optical Viewfinder dapat kalian berpesar hingga 0,73 kali dengan mengatur jarak fokus hingga 6,6 inci. Jarak fokus pada viewfinder ini dapat dipilih dari 33mm/135mm, 28mm/90mm hingga 50mm/75mm. Ada juga segel dari karet yang digunakan untuk mencegah air masuk ketika kamera terkena air atau bahan yang cair. 

8. Olympus PEN E-P3

rekomendasi kamera mirrorless tahun 2022 bedehaen project profesional portofolio 09

Kamera mirrorless satu itu merupakan kamera terbaik dari Olympus PEN E-P3 yang memiliki  auto fokus tercepat di dunia. Pada body kameranya sendiri terbuat dari bahan metal sehingga menjadikan kamera ini tampak mewah. Kamera ini juga menawarkan 35 titik fokus secara terpisah yang tersebar di seluruh bagian sensor. Selain itu pada kamera mirrorless ini juga sudah ditanamkan Live MOS sensor dengan kekuatan 12,3 MP yang nantinya dapat menghasilkan gambar dengan kualitas yang cukup tinggi. Terdapat fitur – fitur lainnya seperti adanya built-in flash, AF illuminator dan ISO hingga 12.800 sehingga membuat kamera ini dapat bekerja di kondisi ruangan atau tempat dengan minim cahaya apapun. Ada juga nih fitur TruePic VI Image Processor yang gunanya untuk meningkatkan warna serta mengelola gambar yang dihasilkan.

Selain fitur – fitur yang sudah dijelaskan pada kamera ini juga telah dilengkapi dengan modus 3D Photo yang akhirnya masih menjadikan kamera ini tetap modern. Untuk resolusi video sendiri tidak akan mengecewakan karena sudah full HD (1080p @30fps). Pada format video disini Anda dapat menyimpannya ke dalam bentuk AVCHD atau AVI yang sudah dilengkapi dengan sound stereo. Kamera mirrorless ini juga terdapat 10 jenis filter art yang dapat membantu Anda dalam menyesuaikan kebutuhan dan keadaan baik saat foto maupun video. Dengan adanya teknologi OLED pada Olympus PEN E-P3 menjadi kamera mirrorless terbaik , dengan begitu tampilan LCD akan tetap terlihat sekalipun di bawah teriknya sinar matahari.

9. Canon Mirrorless EOS M100

rekomendasi kamera mirrorless tahun 2022 bedehaen project profesional portofolio 10

Disini ada lagi nih  kamera mirrorless terbaik dari Canon yaitu EOS M100 yang bisa menjadi rekomendasi untuk Anda yang senang dalam dunia fotografi. Dengan body kamera yang begitu stylish serta ringkas membuat kamera mirrorless ini dapat memikat hati Anda ketika pertama kali melihatnya. Kenapa ? karena kamera mirrorless ini memiliki berat body sekitar 266 gram untuk dan bentuknya sendiri begitu ramping sehingga membuat kamera ini sangat mudah dioperasikan hanya dengan segenggam saja. Untuk dial sendiri diletakkan dibagian depan kamera sehingga mudah digunakan hanya dengan jari telunjuk saja.

Pada kamera ini pun juga memudahkan Anda dalam mengontrol semua pengaturan pada kamera karena Anda hanya menyentuh layar saja. Dengan kecepatan maksimum sekitar 4 fps ini dapat memungkinkan Anda untuk melakukan pemotretan beruntun. Kamera ini juga dengan mudah dalam mengontrol efek hanya dengan menggeser layar saja sambil melihat live gambar, efeknya pun bisa Anda atur sesuai dengan kebutuhan. Untuk monitor LCD juga dapat diputar 180 derajat yang akhirnya membuat Anda dengan gampang untuk mengambil foto selfie baik menggunakan tangan sendiri atau membutuhkan bantuan tripod atau lainnya sekalipun.

10. Sony Alpha 7 III

rekomendasi kamera mirrorless tahun 2022 bedehaen project profesional portofolio 11

Dengan menggunakan kamera mirrorless Sony Alpha 7 III ini Anda dapat mengabadikan suatu momen menjadi lebih sempurna. Apalagi sudah dilengkapi dengan CMOS full-frame yang bercahaya belakang serta inovasi canggih lainnya.  Dengan FTP Anda dimudahkan dalam proses transfer secara otomatis. Kualitas gambar menjadi lebih dramatis, Kecepatan potret hingga 10 fps dan performa dari AF yang cukup tinggi serta dibantu dengan sensor Exmor  R CMOS 24,2 MP yang kemudian dikombinasikan dengan gambar BIONZ X dan LSI. Untuk proses video yang diambil terlihat lebih nyata dengan resolusi 4K HDR. ISO yang dapat diatur tingkatannya mulai dari 100-51200 hingga 50-204800 untuk foto, yang akhirnya dapat mengurangi noise pada gambar.

Output RAW nya sendiri sekitar 14-bit hal ini dapat menghasilkan gradasi yang lebih natural bahkan pada saat pengambilan gambar yang cepat sekalipun. Terdapat fokus 4D dengan jumlah 693 titik AF yang bisa dideteksi sehingga dapat mencakup 93% area gambar. Untuk performa dari AF ini dua kali lebih cepat, karena adanya Fast hybrid AF sehingga gambar dapat diambil dengan begitu tajam. Pada fitur Eye AF dapat digunakan dalam mendeteksi mata yang bekerja dengan mode AF-C dan ini membuat lebih efektif dalam mengambil gambar yang diam. Anda juga dapat mengatur titik fokus pada LCD yang layar dapat Anda sentuh.

Nah itu tadi adalah 10 rekomendasi kamera mirrorless dengan kualitas terbaik untuk membantu Anda dalam menciptakan suatu karya dalam bidang fotografi maupun fotografi dengan kualitas bagus tentunya.. Jika ingin mengetahui informasi lainnya seputar fotografi maupun videografi, Anda dapat mengunjungi laman artikel lainnya.

You may also like